WAKTU BELAJAR YANG TEPAT

Share on :

Belajar adalah suatu kewajiban para siswa yang sedang menuntut ilmu. Dengan belajar dan terus belajar, mereka akan semakin pintar dan semakin banyak wawasan yang akan mereka terima. Belajar tidak harus di tempat kamu menuntut ilmu, tetapi bisa dimanapun dan kapanpun dengan kondisi mood kamu yang bagus. Dibawah ini kami berikan beberapa tips waktu belajar yang tepat dan trik untuk bisa belajar dengan suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan :
  1. Jangan belajar hanya pada saat menjelang ujian.Jika terlalu lama dalam keadaan diam (tidak belajar), maka kita semakin sulit untuk      memulainya. Semakin lama kita tidak belajar, semakin besar kecenderungan kita untuk tetap tidak belajar.

  1. Buat suatu keadaan sedemikian hingga seolah-olah kita selalu dalam keadaan belajar.Ini tidak berarti kita harus terus menerus belajar tanpa istirahat. Dimaksud di sini, kita belajar secara berkesinambungan dan teratur. Sinambung artinya nyambung antara proses belajar hari ini dengan hari-hari kemarinnya. Kalaupun kita liburan, upayakan kita tidak lepas sama sekali dengan mata pelajaran.

  1. Bangkitkan motivasi yang kuat untuk belajar, terutama untuk pelajaran yang lebih sulit.Semakin sulit materi pelajaran, semakin besar motivasi yang diperlukan untuk menguasainya. Untuk membangkitkan motivasi ada berbagai cara, antara lain: Bayangkan betapa puas dan bangganya kita kalau kita mampu menguasai pelajaran yang sulit, Anggaplah semua pelajaran penting dan berguna bagi masa depan kita, dsb.

  1. Jangan sekali-kali membenci suatu mata pelajaran.Pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Dalam hal ini mungkin anda belum mengenal mata pelajaran tersebut. Coba kenali lebih jauh, mungkin anda akan menyayanginya.

Selain hal di atas, maka hal lain yang perlu diperhatikan adalah masalah pengaturan waktu. Pengaturan Waktu adalah membuat dan melakukan jadwal belajar agar dapat mengatur dan memprioritaskan belajarmu dalam konteks membagi waktu dengan aktivitas, keluarga, dan lain-lain. Berikut adalah contoh list pengaturan waktu untuk kamu.
1. Rencana Jadwal Belajar Efektif
2. Beri waktu yang cukup untuk tidur, makan dan kegiatan hiburan
3. Prioritaskan tugas-tugas.
4. Luangkan waktu untuk diskusi atau mengulang bahan sebelum masuk kelas.
5. Atur waktu untuk mengulang langsung bahan pelajaran setelah kelas selesai.
6. Jadwalkan waktu 50 menit untuk setiap sesi belajar.
7. Pilih tempat yang nyaman (tidak mengganggu konsentrasi) untuk belajar.
8. Rencanakan juga “deadline”.
9. Jadwalkan waktu belajarmu sebanyak mungkin pada pagi/siang/sore hari.
10. Jadwalkan review bahan pelajaran mingguan.
11. Hati-hati, jangan sampai diperbudak oleh jadwalmu sendiri.


Posted by : Abiiklil ~ / Islam , Motivasi , Informasi Untuk Indonesia

Artikel WAKTU BELAJAR YANG TEPAT diposting oleh Abiiklil pada Friday 21 September 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa silahkan isi kotak komentarnya. Agar lebih manfaat silahkan sebarluaskan artikel ini dengan menyebutkan sumbernya aslinya. Terimakasih .

0 comments:

Post a Comment

 

Abiiklil Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger