MASALAH ADALAH BERKAH

Share on :

Berbahagialah kita kalau kita sedang punya masalah. Makin banyak masalah, makin banyak pelajaran, pembelajaran dan hikmah yang bisa kita bawa kalau kita memaknainya.
Masalahnya sekarang adalah, bagaimana Kita mampu menghadapi, menghayati dan menikmati itu masalah untuk menyelesaikannya? Cara termudah menyelesaikan masalah adalah dengan “pendekatan bumi” dan “pendekatan langit” sekaligus. Dapatkan manfaat dunia, tanpa perlu kehilangan manfaat akhiratnya. Semua itu, kunci utamanya adalah sabar, sabar dan sabar.
Orang yang kehilangan kesabaran itu, biasanya suka emosional, mudah putus asa, cepat sedih, pesimis, mudah tersinggung, dan suka berpikiran negatif dan tidak pandai bersyukur. Semuanya itu karena kita seringkali lupa, suka mengandalkan kepada selain Allah.
Jadi, siap-siap sajalah kecewa kalau kita mengandalkan manusia. Mengandalkan modal, mengandalkan relasi, mengandalkan waktu yang tepat, mengandalkan saudara, sahabat, rekanan, bos atau investor; mengandalkan prospek, mengandalkan profesi dan pekerjaan, mengandalkan janji, mengandalkan prospek dan masa depan, ya… mengandalkan apa pun lah selain Allah.
Lalu, harus bagaimana atuh ya ?
Cukup andalkan Allah saja, … Sampaikan semua kebutuhan kita itu kepada Allah, dan Allah mah tidak pernah mengecewakan kita. Malah Allah mah telah memberikan yang terbaik, sedang memberikan yang terbaik, dan akan selalu memberikan yang terbaik. Hanya kita saja yang kurang bahkan seringkali tidak memahaminya. Hanya karena keyakinan kita yang kurang bagus dan jauh dengan Allah.
Jadi, gini maksudnya. Kalau Kita punya kebutuhan, apa pun kebutuhan itu, ajukan dan sampaikan saja kebutuhan itu kepada Allah. Bawa dan konsultasikan masalah dan tantangannya kepada Allah. Libatkan Allah sejak awal, tanya pada Allah, minta bimbingan-Nya, terus minta Allah yang ngawal prosesnya, dan meminta bantuan Allah agar Allah memberi hasil terbaik menurut Allah.
Percayalah , Allah mah selalu memberi kemudahan, perlindungan dan keamanan, solusi dan keberlimpahan. Jauh lebih besar dari yang kita sadari, selama kita nurut dan menjalankan aturan-aturan dan harapan-harapan-Nya !
Dan bila hasil akhirnya belum sesuai dengan harapan kita, pasti itu ada pesan Allah di dalamnya. Mungkin saja niat kita tidak lurus. Atau caranya kurang sreg di menurut Allah. Apa pun itu, ya sekali lkita, hadapi saja dengan sabar, dan terus tiada henti berupaya, berdoa dan beramal buat kebaikan. Insya Allah, segala sesuatu itu pasti ada waktunya ! Nah, lkita-lkita, kita sudah sabar ngak menerimanya ?
Banyak cara untuk menyelesaikan masalah. Dan yang paling efektif, sebenarnya adalah dengan mendahulukan “upaya langit” lalu diiringi dengan “upaya bumi”. Upaya langit bisa dengan doa dan dzikir, shalat malam, puasa senin-kamis, sedekah, meningkatkan kualitas dan kekhusuan shalat wajib, memperbanyak shalat-shalat sunat, berbkita kebaikan-kebaikan, dan selalu menjadikan segala sesuatu sebagai ibadah untuk mendapatkan keridhoan-Nya.
Nah, Kita…. Kehidupan di dunia ini begitu pendek. Usia kita sangatlah pendek. Persis seperti kita teh berteduh dalam sebuah perjalanan panjang. Dan begitulah umur kita di dunia ini, sangat-sangatlah pendek ! Karenanya, apa pun yang kita punya semua itu hanya amanah. Ilmu itu amanah. Keterampilan itu amanah. Umur itu amanah. Luang waktu itu amanah. Masa muda itu amanah. Kesehatan itu amanah. Nikmat panca indera itu amanah. Hidup ini amanah. Harta kita itu hanya titipan, dan itu juga amanah. Semua hanya Allah yang punya, ya… pinjaman dari Allah.
Ok, kembali kepada masalah tadi ya … Jadi, kalau Kita punya masalah, terima saja itu masalah. Ridho saja, terima saja, ikhlas saja, bersabar saja, bersyukur saja, dan terus cari penyelesaiannya dengan kembali melibatkan Allah dalam proses penyelesaiannya, sejak awal ! Ya, serahkan saja masalah mah ke Allah, lewat sabar, syukur, doa dan dzikir, taubat, melakukan kebaikan-kebaikan ibadah, dan terus mencari ilmu dengan langsung belajar dari ahlinya. Pasti dah, Allah akan memberi jalan keluarnya, dan jalan kemudahannya !
Hanya saja , kadang dalam prosesnya seringkali kita kurang yakin, kurang bersyukur dan kurang bersabar. Pengennya kalau kita punya masalah, langsung saja kelar masalahnya : selesai seketika. Padahal Allah sengaja memberi masalah sebagai ujian dan pematangan untuk kita. Tinggal kita saja yang selalu berbaik sangka kepada Allah, bahwa Allah mah selalu dan akan selalu memberi hal terbaik dan kemudahan kepada kita. Kemudian kita berusaha sepenuhnya untuk menjadikan segala sesuatu itu dapat bernilai ibadah dengan istiqomah, dari waktu ke waktu, hanya untuk Allah. Amin….
Dan ngak mungkin lkita, Allah memberi masalah, cobaan atau ujian, diluar kemampuan kita untuk mengatasinya. Atau membiarkan kita sendirian mengatasinya. Allah ngak pernah begitu. Allah itu dekat, jauh lebih dekat dari yang kita rasa. Pokoknya, yakini ini ya, bahwa dibalik masalah ada dua kemudahan. Dibalik kesempitan, ada 2 kelapangan. Dibalik problem, ada 2 solusi. Dibalik tantangan, ada 2 keberlimpahan !
Sampai kapan pun, … kita ini sebenarnya tengah sekolah di Universitas Kehidupan, Fakultas Tantangan, Jurusan “Dari Masalah Satu Kepada Masalah yang Lain” ! Nikmati saja, enjoy aja ya …. Ngapain di ruwet-ruwetin, wong hidup ini udah ruwet koq. Ngapain disedih-sedihin, ntar sedih beneran lho! Kalau udah sedih,  khawatir, nanti kita jadi lupa untuk menjadi hamba yang pandai bersyukur kepada-Nya.
Ya , jadikan masalah sebagai jalan untuk selalu beribadah kepada-Nya. Makin banyak dan besar masalah kita, makin dekat dan tergantung kita kepada Allah. Kita tinggal berdoa saja, cari ilmu penyelesaiannya dari yang lebih pinter dari Kita. Cari dan tanya pada ahlinya. Trus bertekad sepenuh hati bahwa usaha kita tak kan sia-sia kalau kita selalu melibatkan Allah di setiap usaha dan nafas kita.
Ya, sekali lkita ingat ini ya … Masalah itu adalah ibadah, masalah adalah berkah !


Posted by : Abiiklil ~ / Islam , Motivasi , Informasi Untuk Indonesia

Artikel MASALAH ADALAH BERKAH diposting oleh Abiiklil pada Friday 21 September 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa silahkan isi kotak komentarnya. Agar lebih manfaat silahkan sebarluaskan artikel ini dengan menyebutkan sumbernya aslinya. Terimakasih .

1 comments:

NAFASAT QABEEL said...

Halo semua, Perlu peretasan layanan? hubungi noblehacker284@gmail.com
 Berhati-hatilah, sebagian besar disebut hacker di sini adalah penipu, saya tahu bagaimana hacker nyata bekerja, mereka tidak pernah mengiklankan diri di sebuah sopan santun mudah percaya dan mereka selalu diskrit. Saya telah scammed berkali-kali putus asa berusaha mencari bantuan mendesak untuk mengubah nilai sekolah saya, akhirnya teman saya memperkenalkan saya kepada sekelompok hacker handal yang bekerja dengan kebijaksanaan dan memberikan segera, mereka melakukan segala macam hackings mulai dari;
- Penjualan kartu ATM kosong.
- Universitas atau sekolah nilai berubah
- Rekening Bank hack dan transfer dana
- Menghapus catatan kriminal hack
- Facebook hack, Twitters hack
- Account email hack, gmail, yahoomail, hotmail dll
- Hack Skype
- Database hack
- Word Press Blog hack
- Komputer Individu hack
- Kontrol perangkat dari jarak jauh hack
- Verified Paypal Account hack
- Android & iPhone Hack dll
- Penjualan dan pasokan software Hacking.
Tapi mereka membantu saya;
- Berubah nilai sekolah saya
- Hacked saya kecurangan ass email pacar facebook
- Yang paling dari semua itu, mereka membantu saya dengan pengiriman uang Western Union dan saya dilacak dan mengkonfirmasi uang sebelum saya membayarnya biaya mereka. Saya telah membuat mereka hacker permanen dan Anda dapat juga menikmati layanan mereka.
Anda dapat menghubungi mereka di noblehacker284@gmail.com untuk setiap layanan hacking dan juga berusaha untuk menyebarkan kabar baik tentang bagaimana mereka membantu you.They LAYAK MY PUBLISITAS ..

Post a Comment

 

Abiiklil Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger