DELAPAN HAL GRATIS YANG MENENTUKAN KESUKSESAN ANDA

Share on :



Abiiklil.blogspot.com-Setiap orang pasti senang jika bisa mendapatkan sesuatu yang gratis, apalgi sesuatu yang sangat bermanfaat. Gratis itu artinya tidak perlu mengorbankan uang sama sekali untuk mendapatkannya. Namun, sering karena mendapatkan sesuatu secara gratis, kita jadi kurang menghargai apa saja yang bida didapatkan secara gratis. Contoh, jarang sekaliorang bersyukur bisa mendapatkan sinar matahari , udara dan waktu secara gratis , padahal ketiga hal tersebut sangat vital bagi kehidupan.
Sebenarnya setiap orang dalam hidup ini bisa mendapatkan berbagai hal gratis lainnya yang sangat menentukan terhadap kusuksesannya. Setidaknya ada 8 (delapan ) hal gratis yang sangat menentukan kesuksesan anda. Kedelapan  hal yang saya maksud adalah ; ide , kesempatan, cita-cita, rencana,semangat, mental, sahabat dan do’a.
1.    IDE (membuat anda mendapatkan hasil yang berbeda)
Ide adalah sesuatu yang dahsyat, bernilai dan sekaligus menentukan kesuksesan anda. Semua produk yang ada sekarang berasal dari ide-ide yang sudah terwujud. Ide-ide terbaik lahir dari pikiran yang besar, yakni pikiran yang gemar menghasilkan ide-ide baru. Ide dapat membuat anda menjadi kaya, terkenal, sukses dan sebagainya. Idelah yang membuat anda mampu mencapai kemajuan demi kemajuan   dalam setiap aspek kehidupan.semakin anda memiliki banyak ide baru, semakin besar peluang anda untuk meraih kesuksesan. Meski ide merupakan hal sangat luar biasa, namun ide itu merupakan hal yang gratis.
2.    KESEMPATAN (menanti kejelian anda melihat dan memanfaatkannya)
Kesempatan adalah pelengkap ide-ide anda untuk mencapai kesuksesan. Semua ide memerlukan kesempatan untuk dapat diwujudkan. Artinya , ide sebagus apapun tidak banyak manfaatnya jika anda tidak melihat ada kesempatan untuk mewujudkannya. Sebaliknya, kesempatan sebaik apapun akan sulit dimanfaatkan tanpa ide-ide yang cemerlang. Kesempatan sesungguhnya selalu bersama anda meski tidak anda sadari. Kesempatan  selalu jauh lebih banyak melampaui masalah karena sebenarnya masalah juga merupakan bagian dari kesempatan. Coba perhatikan kehidupan anda. Ketika mengalami kegagalan dalam melakukan satu hal, anda mendapatkan kesempatan untuk belajar dari  kegagalan tersebut. Bukankah itu juga  merupakan sebuah kesempatan ? Dan  juga Sebenarnya setiap orang selalu memiliki kesempatan untuk meraih kesuksesan setidaknya pada satu bidang, tinggal apakah anda mampu menemukan dibidang apa anda bisa sukses, itulah kesempatan emas yang dimiliki setiap orang. Jadi, kesempatan itu milik mereka yang melihat dan mampu memanfaatkannya. Itulah uniknya kesempatan. Ia selalu hadir tapi tidak setiap orang mampu melihatnya.

3.    CITA-CITA (sesuatu yang harus anda miliki jika ingin sukses)
Cita-cita mutlak diperlukan bagi suatu kesuksesan. Mengapa? Karena cita-cita mencakup tujuan, sasaran, atau impian yang hendak diwujudkan. Tanpa cita-cita , orang akan sangat sulit bahkan mungkin mustahil meraih kesuksesan karena ia tidak tahu apa yang ingin dicapai. Cita-cita membuat seseorang mengerahkan seluruh potensi dirinya secara maksimal. Tidak  ada kesuksesan yang kebetulan bisa diraih, setiap kesuksesan betapapun kecil, selalu didahului adanya sebuah cita-cita.
4.    RENCANA (persiapan untuk meraih kesuksesan)
Anda hanya bisa memperoleh hasil yang nyata jika telah mengetahui dengan persis apa yang ingin anda capai dan memiliki rencana yang matang untukmencapainya. Rencana dikatakan sebagai tindaklanjut dari cita-cita anda. Rencana juga merupakan hal gratis yang menentukan kesusksesan anda. Rencana yang baik kemungkinan besar akanmendatangkan hasil yang baik pula.tanpa memiliki rencana berarti anda sedang merencanakan untuk gagal. Mengapa? Karena jika anda tidak memiliki rencana , kemungkinan anda bisa sukses sangat kecil.rencana mencakup persiapan untuk mencapai tujuan atau cita-cita. Benjamin franklin pernah mengatakan “jika anda tidak melakukan persiapan , anda siap gagal”. Dengan kata lain anda , anda perlu rencana yang matang untuk mencapai cita-cita. Jika perlu , tuliskan semua rencana anda diatas kertas. Anda juga dapat menyusun rencana dalam bentuk Mind map.

5.    SEMANGAT (Bahan bakar yang menjadikan anda terus melangkah maju)
Semangat bisa diibaratkan seperti pasokan BBM kendaraan.  Semakin banyak persediaan BBM, semakin besar peluang kendaraan anda bisa sampai tujuan.  Sedangkan jika anda kehabisan BBM , maka kendaraan anda dalam kondisi sebaik apapun tidak akan bisa dijalankan.inilah keistimewaan semangat. Semangat membuat anda terus melangkah maju walaupun dalam kondisi sulit.   Dengan kata lain, semangat sering menjadi penentu keberhasilan anda melakukan sesuatu, yakni mengubah kekalahan menjadi kemenangan, kesulitan menjadi kesempatan, dan kegagalan menjadi batu loncatan. Saat saya menulis artikel ini, saya bersemangat sekali karena saya percaya pembacapun akan membacanya dengan penuh semangat.
6.    MENTAL (Keberanian untuk meraih kesuksesan)
Mental adalah watak yang melekat pada seseorang. Mental sering berkaitan dengan keberanian menghadapi atau melakukan sesuatu. Mental juga merupakan salah satu hal gratis yang menentukan kesuksesan anda. Untuk meraih kesuksesan , orang perlu memiliki mental yang kuat. Mengapa ? mental yang kuat memampukan seseorang bertahan dalam kondisi yang paling sulit, karena dalam kondisi sulit itulah biasanya akan terlihat kualitas mental seseorang.mental yang kuat akan menghaslkan ketekunan, sedangkan mental nyang lemah membuat orang mudah putus asa sehingga cenderung memilih menyerah. Ada beberapa kondisi yang sering menjadi batu ujian mental seseorang, yaitu ; menghadapi tantangan, menghadapi kegagalan, menghadapi kesulitan, menghadapi kritik, menghadapi penolakan.

7.    SAHABAT (orang yang menolong kita meraih kesuksesan )
Kesuksesan seseorang tidaklah benar-benar 100% usaha sendiri , akan tetapi selalu saja ada orang-orang dibelakang layar yang berperan sangat besar menentukan kesuksesan mereka. Pepatah cina mengatakan “ Dibelakang setiap orang hebat, selalu ada orang-orang hebat lainnya”. Jadi , tidak mungkin seseorang meraih kesuksesan dengan kekuatan sendiri betapapun hebatnya dirinya. Jika anda ingin sukses, suka atau tidak suka, anda pasti membutuhkan orang lain, yakni sahabat sejati. Woodrow Wilson memberikan nasehat “Janganlah kita hanya menggunakan otak kita sendiri, tapi juga semua otak yang dapat kita pinjam”. Prinsip ini bisa diperluas tidak hanya sebatas otak, tapi perlu juga menggunakan semua tenaga, wakt, keahlian, bakat dan  sebaginya  yang dapat dipinjam dari orang lain. Jadi , jika ingin meraih kesuksesan , anda perlu menyadari keterbatasan diri anda. Kemampuan dan kekuatan anda sendiri tidaklah cukup untuk meraih kesuksesan. Karena itu, anda memerlukan sahabat yang rela dan bersedia menolong anda meraih kesuksesan.  Jangan pernah berfikir bahwa anda mampu meraih kesuksesan tanpa bantuan siapapun.
8.    DO’A (menyulap sesuatu yang tadinya mustahil menjadi mungkin)
Tibalah saatnya saya menulis hal gratis kedelapan yang menentukan kesuksesan anda. Perhatikan ungkapan ini ; “ Al-‘Abdu Fi’t-Tafkīr wa’r-rabbu bi’t-tadbīr “ ( manusia berencana Tuhan jualah yang menentukan) . Perjalanan menuju sukses tidak jauh beda dengan kata mutiara ini. Sukses boleh direncanakan, namun hasil akhir tetap di tangan Allah Jalla wa‘ala. Berencana untuk sukses hukumnya wajib, tapi hasil sukses; tetaplah Allah yang menentukan. Dalam keyakinan Muslim, doa adalah pintu penjebol segala yang tertutup. Doa bisa menyulap sesuatu yang tadinya mustahil menjadi mungkin. Jangankan pintu sukses, pintu qadar saja bisa dibuka oleh doa. Jadi ,jangan pernah terlintas rasa putus asa, Mengapa putus-asa dilarang? Jawabannya, karena memustahilkan fungsi doa. Padahal Nabi s.a.w bersabda, ”Lā yaruddu al-qadar illa’d-du΄ā ( tidak ada satupun yang bisa merubah taqdir, kecuali doa). Allah adalah dzat pembuat taqdir manusia, tapi Allah juga yang Maha berkehendak merubah taqdir  itu.

Itulah kedelapan hal gratis yang menentukan kesuksesan anda. Bagi saya, sukses itu, jika anda mendapatkan apa yang anda cari dalam hidup ini. Sedang bahagia itu ialah manakala anda menyukai apa yang anda sudah peroleh, walaupun hasilnya belum maksimal. Antara sukses dan bahagia selalu berjalan bergandengan, seiring sejalan..
Ahirnya selesai juga tulisan yang singkat ini , selanjutnya apabila para pembaca menginginkan berdiskusi tentang materi ini, ataupun ada sesuatu yang ingin ditanyakan , mau curhat, bercerita dan sebaginya , maka saya persilahkan untuk berkomunikas melalui email ; abiiklil@gmail.com atau facebook https://www.facebook.com/abi.iklil . jika ingin membaca tulisan saya yang lain silahkan kunjungi blog saya;  www.abiiklil.blogspot.com . Terimakasih.


Posted by : Abiiklil ~ / Islam , Motivasi , Informasi Untuk Indonesia

Artikel DELAPAN HAL GRATIS YANG MENENTUKAN KESUKSESAN ANDA diposting oleh Abiiklil pada Friday 21 August 2015. Terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa silahkan isi kotak komentarnya. Agar lebih manfaat silahkan sebarluaskan artikel ini dengan menyebutkan sumbernya aslinya. Terimakasih .

0 comments:

Post a Comment

 

Abiiklil Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger