TIPS MANTAP PERBAIKAN DIRI DI BULAN RAMADLAN

Share on :
Abiiklil.blogspot.com-Saat kita memutustkan untuk serius dengan jalan kebaikan dan mulai meninggalkan kemaksiatan, saat itulah fase hidup baru kita sebenarnya telah dimulai. Kedewasaan kita bertambah, dan satu langkah menjauh dari yang namanya labil pun, akhirnya tercapai. Memang nggak mudah, tapi bukan berarti nggak mungkin sama sekali. Dan, di bulan ramadhan ini, adalah saat yang pas banget buat kita memulai perbaikan diri kita. Makanya, kali ini kita akan beri beberapa trik khusus, biar hati lebih kuat dalam bertaubat alias memperbaiki diri dan beristiqomah di bulan mulia ini.

1.    Niatkan karena Allah.
Yang pertama, tentu saja kita harus benar-benar ikhlas memperbaiki diri karena Allah saja. Bukan karena sekedar ikutan tren atau ikut arus dari temen-temen se-genk. 

2.    Berteman dengan orang- orang yang sholih.
Bertemu dengan orang- orang yang banyak mengingat Allah, otomatis bakal memberi kita alarm, kalau- kalau niatan jahat untuk kembali ke masa lalu yang buruk muncul lagi. So, kalau kita bener- bener serius mau berubah, juga kudu konsekuen dengan mengganti teman- teman gaul kita, yang harusnya juga bisa mengarahkan kita ke jalan yang lebih baik. 

3.    Sabar dan tawakkal. 
Kadang nggak semua orang senang dengan perubahan kita yang lebih baik. Tapi jangan khawatir, sahabat! Ingat, menjalankan perintah Allah memang banyak tantangannya. Jadi kita kudu sabar dan terus bertawakal kepada Allah. Dengan begitu Insyaallah, pundi- pundi pahala kita akan bertambah. 

4.    Memperbanyak do’a pada Allah agar diberi keistiqomahan.
Kalau kita sudah berniat ingin memperbaiki diri, maka jangan lupa untuk selalu berdo’a kepada Allah supaya kuat hati untuk selalu dalam kebenaran. Nah, ini dia do’a yang paling sering Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam panjatkan,
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ
“Ya muqollibal qulub tsabbit qolbi ‘alaa diinik”
(Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu).”
Dulu, Ummu Salamah pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kenapa do’a tersebut yang sering banget beliau baca. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya menjawab,
“Wahai Ummu Salamah, yang namanya hati manusia selalu berada di antara jari-jemari Allah. Siapa saja yang Allah kehendaki, maka Allah akan berikan keteguhan dalam iman. Namun siapa saja yang dikehendaki, Allah pun bisa menyesatkannya.“Abiiklil.blogspot.com

Posted by : Abiiklil ~ / Islam , Motivasi , Informasi Untuk Indonesia

Artikel TIPS MANTAP PERBAIKAN DIRI DI BULAN RAMADLAN diposting oleh Abiiklil pada Wednesday 15 August 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa silahkan isi kotak komentarnya. Agar lebih manfaat silahkan sebarluaskan artikel ini dengan menyebutkan sumbernya aslinya. Terimakasih .

0 comments:

Post a Comment

 

Abiiklil Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger